Header Ads



Dampingi Petani, Serda Lilik Bersama PPL Cek Saluran Irigasi di Lubuk Pakam

LINTAS PUBLIK – LUBUK PAKAM, Untuk lebih mengoptimalkan dan mendukung kesuksesan program Upsus swasembada pangan dibutuhkan sarana dan prasarana yang baik yang dibutuhkan oleh para petani. Salah satunya adalah jaringan irigasi yang baik agar pasokan air ke areal pertanian dapat berjalan lancar.


Disamping dilaksanakan pembuatan juga dilakukan pengecekan fungsi dan perbaikan saluran irigasi tersebut agar tidak cepat rusak. Hal ini dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 04/Lubuk Pakam Serda Lilik di Desa Pasar Miring Kecamatan P Merbau Kabupaten Deliserdang, Rabu (08/03/2017).

Dalam kegiatan pengecekan kali ini dilaksanakan pengecekan saluran irigasi yang merupakan hasil pembangunan program P3A tahun anggaran 2009 sepanjang 200 meter. Dari hasil pengecekan didapatkan hasil bahwa saluran irigasi tersebut masih layak dan berfungsi cukup baik, hanya ditemukan sedikit retakan-retakan yang butuh penambalan yang mungkin bisa dilaksanakan perbaikan ringan nanti pada saat musim kemarau yang akan datang.

Menurut Serda Lilik, pengecekan saluran irigasi bersama Babinsa ini rutin dilaksanakan agar kondisi saluran irigasi dapat terpantau. Para petani juga sudah melaksanakan himbauan dari PPL dan Babinsa untuk bersama sama menjaga saluran irigasi ini dengan baik semisal yang dikerjakan beberapa waktu yang lalu yaitu melaksanakan pengerukan dasar saluran irigasi secara gotong royong.

“ Dengan jaringan saluran irigasi yang baik diharapkan akan meningkatkan hasil pertanian dan akan membuat petani akan lebih sejahtera,’ujar Serda Lilik.


Penulis : franki/rel
Editor : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.