Header Ads



Babinsa Koptu Susandi Bantu Petani Kuala Mengolah Tanah Sawah

LINTAS PUBLIK – LANGKAT, Secara umum kondisi sawah di Dusun 1 Mandailing masih aman, dalam arti masih menyimpan kelembapan tanah meski tidak mendapat sumber pengairan. Diharapkan dengan doa semua pihak, hujan akan turun seperti minggu sebelumnya meski intensitasnya kecil namun dapat mendukung pertumbuhan padi.


Menurut Koptu Susandi Babinsa Koramil 04/Kuala, untuk saat ini kekeringan banyak dialami oleh para petani, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pompanisasi guna mensuplai kebutuhan air area persawahan. Babinsa senantiasa melakukan pengecekan sebagai bagian tanggungjawab dalam upaya khusus pendampingan pertanian.

Kerjasama Babinsa dengan petani terus didorong untuk menyukseskan program swasembada pangan,. Diantaranya dilakukan Koramil 04/Kuala Kodim 0203/Langkat yang melakukan pendampingan petani dalam menggarap sawah dalam rangka pelaksanaan tanam serentak bulan mendatang.

“Babinsa turun langsung ke sawah membantu petani membajak sawah Di Dusun 1 Mandailing Desa Sidomakmur Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat dengan luas lahan 17 rante dengan memakai alat bajak modern Handtraktor di lahan milik anggota Kelompok Tani Jawakus Saudara Sudrajat dengan jenis tanamn padi yang akan ditanam nantinya jenis Ceherang,” ujar Koptu Susandi, Jumat (31/03/2017) di desa Kuala kabupaten Langkat.

Mengemburkan sawah saat ini sudah banyak yang menggunakan tenaga mesin diesel, sehingga hasil membajaknya lebih cepat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan awal bulan nanti sudah siap tanam serentak.

“Demikian dengan bibit padi yang ditanam merupakan bibit baru, sehingga perlu penyiapan lahan secara maksimal agar bibit dapat tumbuh dengan baik dan menjadi contoh bagi kelompok tani (poktan) untuk mengembangkan padi jenis Ceherang ini,” ,” jelasnya .


Penulis : franki/rel
Editor : tagor


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.