Header Ads



Ingin Kembangkan Wisata Rohani seperti di Bali, Bupati Simalungun Ziarah ke Makam Raja Sinaga

LINTAS PUBLIK - RAYA,  Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih terus bergerak membangun Pemerintah Kabupaten Simalungun. Membangun Wisata Rohani saat ini juga menjadi bagian program kerjanya.

Hal ini dibuktikan JR Saragih dengan mengajak beberapa pimpinan dan kepala dinas, di antaranya Wakil Bupati Amran Sinaga, Kadis Pariwisata Resman Saragih, Kadis Kesehatan Jan Maurisdo, Kadis BPBD, Kadis PSDA, Kadis Tarukim berziarah. Bersama rombongan, menaiki mobil konvoi, kemudian JR berjalan ke dalam perkebunan sawit menuju areal makam Raja Sinaga, di Kecamatan Tanah Jawa, Rabu (22/2/2017).

Bupati Simalungun JR Saragih saat melakukan ziarah ke makam-makan Raja Tuan Sinaga,
Tanah Jawa, Simalungun, Rabu (22/2/2017). 
"Ini adalah kewajiban saya membawa juga pak Wakil setelah dilantik ke tempat ini. Meski beliau (Marga Sinaga) tidak mengajak saya kemari. Artinya kita harus bersyukur kepada Tuhan. Tanpa pendahulu pastinya kita tidak akan mengenal Tuhan dan lahir. Saya bersama Kabupaten Simalungun mengajak Wakil yang Marga Sinaga menjadi bagian pembangunan Simalungun," kata JR Saragih.

Di makam Raja Sinaga, JR dan Amran bersama-sama menabur bunga, membersihkan areal makan juga menyiramkan air ziarah. Dirinya menyebut perlunya ziarah rohani untuk mengingat semua jasa pendahulu.

"Tujuan kami semoga keturunan Raja Sinaga dari boru dohot berenya, saya yakin pasti terus mendoakan kami demi memberikan yang terbaik untuk masyarakat Simalungun," harapnya.

Wisata rohani dan makam-makam raja di Simalungun nantinya juga akan dijadikan bagian dari pelestarian budaya. Untuk hal ini JR Saragih ingin mencontoh Bali yang memiliki ikon-ikon bersejarah yang dimanfaatkan sebagai daya tarik destinasi wisata.

"Jadi sebenarnya ikon-ikon itu seperti di Bali. Jadi jujur saja sebenarnya di Bali itu ikon-ikonnya yang dijual adalah budaya dan sejarah. Lain itu gak ada. Begitu lah saya selalu berusaha melestarikan ikon dan budaya supaya semua kita orang datang ke Danau Toba tidak jenuh hanya melihat danau saja" beber JR Saragih.

"Jadi nanti kalau sudah dilestarikan orang bisa dari Tinggi Raja ada kerajaan Purba, Kerajaan Saragih Garingging. Terus di Panei Tongah juga bisa masuk. Juga beserta rumah-rumah adatnya. Jadi nanti mau dibuat map menjadi satu ikon dia. Wisatawan kalau klik di situs bisa langsung tahu apa saja yang ada di Simalungun. Harapan saya dan juga teman-teman bisa wujudkan bersama,"pungkasnya.


Sumber   : tribun/t

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.