Header Ads



Jokowi Resmikan Patung, Mendagri: Saya Baru Tahu Bung Karno Pendiri IPDN

LINTAS PUBLIK - BANDUNG , Patung Bung Karno, Sang Prokamator, berdiri tegak di depan kampus IPDN Jatinangir, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Patung yang serba putih itu berdiri per 8 Agustus 2016 yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Senin ini.

Presiden Joko Widodo resmikan Patung Bung Karno di kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jabar
“Kami memiliki patung sang proklamator. Bung Karno inspirasi kami,“ kata seorang praja sambil memoitret patung tersebut. Praja itu pun mengaku kaget kalau kampus IPDN yang ia duduki sekrang ini hasil gagasan Bung Karno. “ Terus yerang kami kaget, ternyata Bung Karno memiliki sejarah di kampus IPDN,“ ujarnya.

Jangankan praja, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang turut menyaksikan peresmian partung Bung Karno, mengaku baru tahu kalau Bung Karno Pendiri IPDN. “ Setelah jadi menteri saya baru tahu Bung Karno pendiri IPDN,“ tandasnya kepada wartawan.

Terungkapnya nama Bung Karno pendiri IPDN lanjut Mendagri, setelah membuka arsip sejarah nasional. Dari arsip itulah tercatat Bung Karno pendiri IPDN. Bung Karno, kata Mendagri, awalnya mendirilkan APDN yang pertama pada 17 Maret 1956 di Malang Jawa Timur.

Kemudian APDN pun berkembang dan berdiri di beberapa provinsi termasuk di Bandung. ”Kampus termegah berdiri di Jatinangir, Kabupaten Sumedang,” pungkasnya.

Patung ini berdiri atas ide dari Rektor IPDN, kemudian digarap dan kini sudah berdiri tegak di kampus IPDN. ”Patung Bung Karno nanti akan berdiri tegak di cabang cabang IPDN di semua daerah,” janjinya.


Editor    : tagor
Sumber  : poskota

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.