Header Ads



96 Calon Jamaah Haji Siantar Manasik Akbar di Brimob

LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Manasik Haji merupakan sarana pembimbingan yang diberikan kepada jemaah calon haji dalam rangka memberikan gambaran dan tuntunan sebelum pelaksanaan sebenarnya di Arab Saudi. Karena itulah, seluruh peserta harus benar-benar memperhatikan dan mengikuti arahan dan bimbingan yang diberikan para instruktur atau pembimbing.

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Walikota, Drs. Jumsadi Damanik SH, M.Hum saat membuka Manasik Akbar Caon Jamaah Haji Kota Pematangsiantar Tahun 1437 H/2016 M, Rabu pagi (3/8/2016) di Aula Brimob Sub Den 2 Jalan Ahmad Yani, Siantar Timur. Kegiatan yang digelar Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah ini, akan berlangsung selama dua hari di Lapangan Brimob.



Tampak hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Drs.H.M.Ali Lubis, Staf Ahli Walikota Drs.Chaidir Sitompul, Kabag Kesra Drs. SA.Amsah dan Plt.Kabag Humas Jalatua Hasugian.

Secara khusus, Pj Walikota juga berpesan, agar para calon jamaah haji selalu kompak dan saling membantu. Selain itu, para jamaah juga dihimbau agar senantiasa menjaga kesehatan, pola makan dan mengantisipasi kambuhnya gejala penyakit yang pernah diderita. Apalagi cuaca di Arab Saudi jauh berbeda dengan di Pematangsantar. Iklim dapat berubah kapan saja dan menjadi ekstrim yang dapat mengancam keselamatan.

“Selalu bertawakal kepada Allah SWT dan hindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan dapat terjadi saat berada di sana,”katanya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pematangsiantar, Drs.Abd. Rahman Harahap,MA menyebutkan, jumlah calon jamaah haji kota Pematangsiantar tahun 2016 ini sebanyak 96 orang terdiri dari 42 orang laki-laki dan 54 orang perempuan.

“Namun hingga saat ini masih ada yang masuk daftar tunggu sebanyak 1.589 orang, mengantri sampai tahun 2032 mendatang,”paparnya.

Rencananya, calon jamaah haji asal Pematangsiantar akan bergabung pada Kloter 11 (Gelombang I) bergabung dengan jamaah asal Simalungun (113 orang), Tanjung Balai (90 orang), Tapanuli Tengah (53 orang), ditambah petugas Kloter dan petugas kesehatan sehingga seluruhnya berjumlah 395 orang. Kloter 11 dijadwalkan masuk Asrama Haji Medan hari Minggu (21/8) dan akan terbang pada hari Senin (22/8) pukul 07.45 WIB dari Bandara Kuala Namu dan tiba di Bandara Abdul Aziz Madinah sekitar pukul 11.45 waktu Arab Saudi.


Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.