Header Ads



Kondisi Keuangan RSUD Djasamen Saragih Harus Sehat

LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Dalam rangka memberdayakan managemen pengelolaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Djasamen Saragih untuk lebih mandiri dan profesional, Pemko Pematangsiantar telah menetapkan sistem pengelolaannya melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).
Dengan model seperti ini, pihak Direktur RSUD dapat makin leluasa dan mandiri untuk melakukan berbagai kebijakan tanpa ada intervensi dari siapapun, karena jalur birokrasinya telah terpangkas. Artinya, kebijakan Direktur RSUD sangat strategis dalam rangka membangun rumah sakit ini menjadi incaran masyarakat.
“Karena itu, siapa pun yang menjadi Direktur, harus berinisiatif dan berimprovisasi untuk mencari terobosan-terobosan baru agar pengelolaan RSUD ini bisa segera meningkat,”ujar Walikota Pematangsiantar, Hulman Sitorus SE, dalam kunjungannya ke RSUD yang disambut seluruh dokter, perawat maupun pegawai, di Lapanga Badan Koordinasi Pendidikan (Bakordik) RSUD, Jumat (18/9/2015).
Ditegaskan Walikota, meskipun RSUD bukan perusahaan yang berorientasi pada keuntungan atau bisnis, tetapi kondisi keuangannya harus tetap sehat. Untuk dapat berasil dalam pengelolaan rumah sakit, paling tidak ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan.
“Pertama, kompetensi dokter maupun tenaga medis yang ada, kedua kelengkapan fasilitas atau peralatan medisnya dan ketiga adalah moralitas dokter, tenaga medis maupun para pegawai yang melayani pasien. Jika salah satu saja diantaranya timpang, saya pastikan tak akan berhasil,”ucapnya
Untuk itu lanjutnya, kedepan, siapapun yang menjadi Direktur di RSUD ini, harus menjalani fit and profer test (uji kepatutan dan kelayakan) untuk bisa mengukur program, target dan terobosan yang akan dikerjakan oleh seorang calon Direkturnya. Dengan demikian, para personil di RSUD maupun masyarakat bisa mengetahui kapasitas, intelektualitas serta integritas para calon yang akan menjadi pimpinan.
“Saya berharap, pengelolaan RSUD ini bisa seperti BUMN yang professional, sehingga karyawannya makin sejahtera dan pelayanan terhadap masyarakat semakin baik,”ujarnya disambut tepuk tangan ratusan tenaga medis dan pegawai RSUD yang sebelum Walikota datang telah menggelar acara Senam Massal.
Kedatangan Walikota yang didampingi Kepala Badan Perijinan Terpadu Drs.Esron Sinaga, M.Si dan Plt.Kabag Humas Jalatua Hasugian, disambut Direktur RSUD Pematangsiantar, dr Ria N Telaumbanua, M.Kes bersama seluruh jajaran Wakil-wakil Direkturnya.
“Kegiatan senam massal seperti ini rutin kami lakukan pada hari Jumat pagi dan khusus pagi ini, kami juga kedatangan tamu dari mitra kami PT. PTPN Pematangsiantar (Bank Tabungan Pensiun Nasional,red) yang juga berpartisipasi memberikan berbagai hadiah lucky draw kepada peserta senam,”kata dr Ria kepada Walikota di depan peserta senam.
Pada kesempatan tersebut, sebelum meninggalkan RSUD, Walikota berkenan mencabut sebanyak 5 buah undian lucky draw.


Penulis : franki Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.