Header Ads



Siantar Raih 4 Penghargaan di Harganas Ke-XII Sumut.

LINTASPUBLIK-BATUBARA, Peranan keluarga sangat penting dan strategis dalam rangka membentuk masa depan generasi bangsa yang cerdas, berkualitas dan berkarakter. Menyangkut kualitas sumber daya manusia, tentunya tak bisa ditawar-tawar. Tetapi mutlak harus direncanakan dan diprogramkan sebaik mungkin sejak dini dalam rangka pembangunan bangsa di tengah persangan global yang semakin kompleks.
Demikian ditegaskan Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Surya Candra Surapaty,Ph.D, Kamis (27/8/2015) di Lapangan Indra Sakti, Kecamatan Indrapura Kabupaten Batubara pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXII Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
Ditambahkan bahwa, laju pertambahan penduduk dunia yang kian pesat membuat semua pihak harus mengantisipasi terjadinya gejolak sosial di tengah masyarakat. Dari sekitar 7 miliar penduduk dunia, ¼ miliar ada di Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang demikian besar, Indonesia berada pada urutan ke 4 setelah India, Tiongkok dan Amerika. “Untuk itu, kita harus berupaya menekan laju pertambahan penduduk dengan menggalakkan program Keluarga Berencana (KB) cukup 2 anak,”ujarnya di hadapan sekitar 3.000 peserta yang didominasi kaum pelajar. Senada Kepala BKKBN, Plt. Gubernur Sumut, Ir H.T. Erry Nuradi,M.Si mengajak para Bupati/Walikota di Sumut untuk berkomitmen mensukseskan program KB dimaksud. Apalagi program KB bukan dimaksudkan sekedar menekan jumlah penduduk.
“Tetapi juga bagaimana mempersiapkan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan keluarga dan anak-anak yang punya masa depan cerah,”ujarnya.
Pada kesempatan itu, Kepala BKKBN dan Plt. Gubsu berkenan menyerahkan berbagai penghargaan atas dukungan dan komitmen pemerintah serta masyarakat Sumut dalam rangka Pembangunan Program Keluarga Berencana kepada para pemenang dari berbagai daerah untuk 20 kategori perlombaan.
Untuk tahun 2015 ini, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Pematangsiantar yang diwakili Kelurahan Kahean meraih penghargaan dalam bidang Kesatuan Gerak PKK. Pematangsiantar juga merupakan Juara II Lomba Kelompok Keluarga Lansia Bina Keluarga Lansia, Juara II Lomba Pengelola Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) serta Terbaik II Lomba KB Pemakaian Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Puskesmas Terbaik yang diwakili Puskesmas Singosari. Beragam keberhasilan yang diperoleh Kota Pematangsiantar ini, menurut Kepala Badan Pemberdayaan perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) drg.Rumondang Sinaga, MARS yang mendampingi para juara, merupakan rangkaian perlombaan dalam rangka Harganas Ke-XXII Provinsi Sumut. Penyelenggaranya adalah BKKBN Perwakilan Sumut bekerjasama dengan TP-PKK Provinsi Sumut.
Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP-PKK Pematangsiantar Ny.Rusmiati Hulman Sitorus br Pardosi bersama jajarannya, Asisten III Baren Alijoyo Purba SH, Kepala Dinas Kesehatan Dr.Ronald Saragih dan Plt.Kabag Humas Jalatua Hasugian.
Sebelum penyerahan hadiah dan penghargaan lainnya, Bupati Batubara, H.OK.Arya Zulkarnain SH MM menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada para hadirin yang dihadiri perwakilan Bupati/Walikota Se-Sumut, serta para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumut dan Kabupaten Batubara.



Penulis : rel/franki Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.