Header Ads



Tenis Australia Terbuka Penonton Dukung Li Na, Cemooh Azarenka

LINTAS PUBLIK-WASHINTON, Presiden AS Barack Obama memulai masa jabatan kedua dengan sumpah jabatan di sebuah upacara sederhana di Ruang Biru, Gedung Putih, Minggu (20/1).

"Saya, Barack Hussein Obama,  bersumpah untuk setia melaksanakan jabatan Presiden Amerika Serikat dan melestarikan, melindungi dan membela Konstitusi Amerika Serikat," tegasnya sambil tersenyum sedikit dengan tangan kanan terangkat dan di kirinya menumpang di atas sebuah Alkitab keluarga yang dipegang oleh istrinya Michelle. Alkitab tua tersebut adalah Alkitab bersejarah milik nenek Michelle. Kali ini, Michelle mengenakan gaun biru. Gaun ini cocok dengan dekorasi ruang oval tersebut


Hakim Agung John Roberts mengambil sumpah jabatan Obama. Ia membaca perlahan-lahan setiap baris sumpah dengan keras, sebelum Presiden Obama mengulangnya.


Disaksikan oleh potret para mantan pemimpin AS, termasuk Thomas Jefferson dan John Adams, Obama memeluk istri dan anaknya Malia (14) dan Sasha (11).


"Aku melakukannya untuk putri bungsuku," kelakar Obama yang kemudian disahut oleh Sasha "Anda jangan ngacau!"


"Pelantikan ini mengingatkan kita akan peran sebagai sesama warga dalam memajukan kebaikan bersama saat kita mengemban tanggung jawab," tegas Obama.

Petenis China Li Na mengekspresikan kegembiraannya setelah mengalahkan Maria Sharapova di semifinal Grand Slam Australia Terbuka 2013.

David Plouffe mengatakan presiden akan dilantik kedua kalinya pada Senin ini di hadapan lebih dari 500.000 warga AS. Setelah itu ia akan berbicara tentang prinsip dasar dan nilai-nilai yang bisa membimbing Amerika untuk berubah.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.