Header Ads



Ilmuwan Temukan Bukti Timbunan Es di Planet Merkurius

Temuan titik-titik es di kutub Planet Merkurius
Temuan titik-titik es di kutub Planet Merkurius [AFP]
LINTAS PUBLIK, [WASHINGTON] Para ilmuwan mengumumkan baru-baru ini mengenai temuan es dalam bentuk besar yang tersembunyi di Planet Merkurius yang mengorbit paling dekat dengan matahari di system tatasurya kita.

“Data terbaru mengindikasikan adanya air es di wilayah kutub Merkurius. Jika meleleh dan menyebar akan membanjiri area seluas Kota Washington dengan ketebalan mencapai 3,2 km,” ungkap David Lawrence, peneliti NASA yang mempelajari planet Merkurius.    

Banyak yang memperkirakan, Merkurius bagaikan berada di air panas yang mendidih terutama karena kedekatannya dengan matahari. Namun kenyataannya dalam rotasi sumbu, pelanet tersebut bagian kutub planet tak pernah terkena sengatan panas matahari.  

Para ilmuwan memang sudah lama berkesimpulan sementara, kalau bagian gelap Merkurius terdapat air yang membeku dan materi lain yang menarik.  

Pada 1991, hipotesa tersebut semakin mendekati kenyataan dengan adanya teleskop kuat di Puerto Rico yang menangkap sisi kutub tersebut.  

Namun kini, untuk pertamakalinya data terbaru dari roket antariksa MESSENGER yang mendarat di Merkurius pada 2011 memperlihatkan apa yang ada di sisi kutub misterius planet tersebut.  

Gambar yang dikirimkan MESSENGER menunjukan area terang dan dingin di wilayah tersebut yang menunjukan kemungkinan adanya titik es.  

“Apakah ada wilayah di Merkurius yang memiliki kandungan air dan materi organik?Hanya dengan melanjutkan eksplorasi di planet ini kami berharap mendapatkan jawabannya,” ungkap David Paige salah satu peneliti NASA yang lain. [AFP/L-9]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.